Religi Katadata, Keutamaan Malam Lailatul Qadar Pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang dimana umat Islam berbondong-bondong dalam menyambutnya. Pada bulan Ramadhan, dalam ajaran agama Islam merupakan bulan yang penuh berkah dimana pada bulan ini Allah SWT memberikan dan membukan pintu rahmat kepada hamba-Nya yang sebesar-besarnya dengan penuh keberkahan serta ampunan. Bahkan menurut beberapa riwayat serta hadist bahwa bagi mereka yang bergembira dalam menyambutnya bulan Ramadhan saja maka Allah SWT haramkan api neraka menyentuh jasadnya pada hari kiamat kelak. Tentu bulan Ramadhan adalah bulan yang berkah dengan segala rahmat didalamnya.

Pada bulan Ramadhan sendiri juga menurut ajaran agama Islam terdapat banyak sekali peristiwa atau kejadian yang menjadi peristiwa penting dalam sejarah agama Islam dimana peristiwa ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Islam. Seperti misalnya pada bulan Ramadhan dikenal dengan malam Nuzulul Quran atau malam turunnya Al-Quran yang dimana peristiwa ini memiliki banyak keutamaan didalamnya. Salah satu peristiwa dalam ajaran agama Islam berikutnya yang terjadi pada bulan Ramadhan ialah malam Lailatul Qadar. Lantas apa itu Lailatul Qadar, berikut ini penjelasan dari beberapa sumber termasuk religi katadata mengenai Lailatul Qadar.

Penjelasan Lailatul Qadar Menurut Religi Katadata

Malam Lailatul Qadar menurut penjelasan dari religi katadata ialah salah satu malam yang sangat penting yang terjadi pada bulan Ramadan yang mulia. Bahkan dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 3, Allah SWT menetapkan keutamaan dari malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Meskipun tanggal pastinya tidak diketahui, namun terdapat petunjuk dalam Al-Quran dan hadits yang memberikan informasi tentang tanda-tanda dan keistimewaan malam ini. Dari penjelasan diatas artinya bahwa malam Lailatul Qadar ini merupakan malam yang memiliki keberkahan serta rahmat Allah SWT sehingga beribadah pada malam ini maka akan mendapatkan banyak sekali ganjaran kebaikan.

Malam Lailatul Qadar sendiri malam yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan, oleh sebab itu pada bulan Ramadhan banyak umat Islam diseluruh belahan dunia manapun berbondong-bondong ramai dalam melakukan ibadah karena banyaknya kebaikan yang didapatkan ketika beribadah pada malam ini. Oleh sebab itu apabila kita masih diberikan kesempatan merasakan bertemu pada bulan Ramadhan maka tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk beribadah dengan baik.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar Menurut Religi Katadata

Selain penjelasan dari malam Lailatul Qadar yang tela dirangkum menurut dari religi katadata tadi. Itsbina.ac.id juga memberikan kamu penjelasan mengenai keutamaan yang bisa kamu peroleh selama malam lailatul qadar dari berbagai macam sumber. Keutamaa inilah yang tidak boleh kamu lewatkan kesempatan untuk mendapatkannya.

1. Ganjaran Pahala Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Keutamaan yang bisa kamu dapatkan pada malam Lailatul Qadar pertama dan yang paling terkenal adalah pahalanya yang lebih besar dari seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Qadr ayat 3, yang artinya “Malam itu lebih baik dari seribu bulan.” Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa siapa saja yang beribadah pada malam Lailatul Qadr dengan iman dan harapan akan mendapatkan pahala seperti beribadah selama seribu bulan atau lebih dari 83 tahun.

2. Diampuni Dari Segala Dosa-Dosa

Berikutnya keutamaan yang akan kamu dapatkan pada Lailatul Qadar khususnya apabila kamu menghidupkan malam Lailatul Qadr juga bisa menjadi sarana untuk menghapus dosa-dosa kita. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang beribadah pada malam Lailatul Qadr dengan iman dan harapan, maka dosa-dosanya akan diampuni.

3. Mendapatkan Keberkahan dan Rezeki Dari Allah SWT

Keutamaan berikutnya yang akan kamu dapatkan menurut dari religi katadata tentang menghidupkan malam Lailatul Qadar adalah kamu akan mendapatkan keberkahan yang akan kamu rasakan pada kehidupan kamu selain itu Allah SWT akan mempermudah jalan rezeki serta memudahkan segala urusan kamu baik di dunia ataupun diakhira.

Tentu masih banyak berbagai macam keutamaan yang akan kamu dapatkan ketika menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan melakukan ibadah kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dimana kamu akan dijanjikan banyak sekali pahala serta keberkahan didalamnya, sehingga tentu kewajiban kita untuk menjalankan ibadah sebaik mungkin apabila masih dipertemukan lagi pada bulan Ramadhan. Itulah penjelasan malam Lailatul Qadar dan keutamaannya yang bisa menambah ilmu serta keimananmu.

Leave a Comment